3 Cara Setting Karbu PE. Tarikan Jos Tanpa Ngok

3 Cara Setting Karbu PE. Tarikan Jos Tanpa Ngoktampancips.net – Karburator style PE adalah satu karbu yang kerap digunakan untuk  menaikkan performa motor. Kali ini akan kami bahas 2 Tips Setting Karbu Pe. Tarikan Jos Tanpa Ngok Tanpa Brebet.

dengan maraknya motor baru yang mengenakan pengkabutan suntik. Pengguna motor karbu masih terlampau banyak. Salah satu alasannya adalah kemudahan di dalam diotak-atik. Tetapi, terkadang agak kesulitan melacak settingan yang tepat untuk karbu Pe. Berikut adalah  2 Tips Setting Karbu Pe.

Tips Setting Karbu PE

Sesuaikan Jenis Motor

Tips Setting Karbu PE yang pertama adalah memakai model karbu yang disesuaikan. Karbu PE sendiri adalah bawaan berasal dari motor Honda NSR yang mana mempunyai platform pembakaran 2 tak. Nah, apabila hendak digunakan pada motor 4 tak maka membutuhkan penyesuaian lagi.

Yang jadi disparitas adalah ukuran pilot jet dan main jet. Kedua perangkat ini bertugas untuk menyuplai bahan bakar pada putaran mesin tertentu. Pada motor 2 tak akan mempunyai ukuran yang jauh lebih besar sebab tidak sangat tekankan sejenis campuran bahan bakar dan udara.

Ada baiknya membeli karbu yang telah terdapat bermacam pilihan pilot jet dan main jet supaya bisa sesuai dengan motor. Biasanya perbedaannya ada di kisaran 5-10 mm pada pilot jet. Sedangkan untuk main jet bisa berbeda 15-30 mm. Maka ketahui pernah ukuran pilot jet dan main jetnya. Biasanya pada karbu pe motor 2 tak akan diberikan pilot jet 42 dan main jet 153 mm.

Tentukan Ukuran Yang Pas

Yang pertama adalah tentukan pernah ukuran yang selagi. Jika semata-mata digunakan untuk kebutuhan harian. Sobat bisa menaikan satu step ukuran venturinya. Misalnya motor sobat memakai karbu baku 24 mm. Maka sobat bisa menaikannya dengan mengenakan karbu PE 26 mm.

Menurut saya agak salah kaprah mengganti dengan PE yang sebsar bisa saja. Jika tidak disesuaikan dengan keperluan motor maka hanyalah akan memicu motor bahan bakar. Tidak sekedar itu, performa yang didapatkan juga tidak bisa maksimal.

Sebab yang terpinting adalah ekuilibrium campuran antara udara dan bahan bakar. Jika kekurangan bahan bakar maka motor akan brebet-brebet. Jika terlampau sedikit suplay udara maka atau setelan bensin sangat basah bisa menyebabkan motor jadi ngok saat ditarik gasnya.

Sebenarnya juga tidak ada patokan yang tentu. Dikarenakan ada lebih dari satu faktor lainnya. Misalnya ubahan-ubahan yang akan digunakan motor.

Rekomendasi Karbu Pe berdasarkan kubikasi motor :

  • PE 24 : maksimal 130 cc
  • PE 26 : 130 – 160 cc
  • PE : 150 – 200 cc

Filter Udara

Tips Setting Karbu PE akhirnya adalah pada style udara yang dipilih. Masing-Masing filter udara mempunyai bermacam macam kegunaan. Misal saja pada filter motor bawaan memang berfungsi untuk menyaring kotoran secara maksimal. Supaya sebatas kurang lebih 20-30Prosen udara yang masuk ke pengkabutan.

Berbeda pada open filter jenis fungi, veloicty stack atau apalagi tidak memakai filter salah sekali. Perbedaannya adalah pada jumlah debit udara.

Layaknya yang telah saya singgung di atas. Setting karburatur PE adalah terkait ekuilibrium campuran bahan bakar dengan udara. Semakin banyak debit udara yang dihisap karbu maka butuh bahan bakar yang lebih deras. Nantinya akan memengaruhi ukuran pilot jet dan main jet.

Menggunakan Manifold Yang Sesuai

Tips Setting Karbu PE yang terakir adalah pemakaian intake manifold yang disesuaikan. Intake manifold sendiri bertugas jadi penyalur bahan bakar dan udara yang udah dikabut pada karburator menuju mesin.

Jika mengganti karbu dengan lubang venturi yang lebih besar. Maka ada baiknya mengenakan ukuran yang disesuaikan juga. Sehingga genre bahan bakar dan udara bisa masuk dengan lancar dan hambatan.

Pastikan juga tidak ada kebocoran pada manifold. Pengaruh manifold bocor adalah motor jadi susah langsam dan gas lambat turun.

Pengalaman Setting Karbu PE 28 di New Megapro

Misalnya pada karbu XTR yang saya gunakan. Motor saya udah upgarde jadi 180 cc dengan memakai filter style fungi. Memakai pilot jet bawaan 42 mm dan main jet 153 mm.

Pada putaran bawah tidak terlampau persoalan, tidak brebet dan tidak ngok tapi busi hitam dikarenakan benar-benar boros. Sejauh ini ukuran yang kala adalah ukuran 38 mm. Motor bisa langsam dan saat digas tidak keluar asap berwarna hitam.

Sesudah itu pada main jetnya berukuran 153 mm yang mana amat besar untuk motor 4 tak. Menjadi saat diputaran atas jadi ngok dan tanpa tenaga. Tak hanya itu busi juga jadi hitam dikarenakan amat boros. Untuk sekarang memakai main jet ukuran 115 mm saja.

Untuk motor 4 tak biasanya ukuran pilot jetnya ada di antara 30 – 40 mm tergantung ukuran karbu penya juga. Sedangkan pada ukuran main jet ada di antara 110 – 125 mm tergantung settigan mesin dan ukuran karbunya.

Check Also

Tips Mudah Atasi Honda BeAT eSP Mendadak Tidak Bisa Distarter

Tips Mudah Atasi Honda BeAT eSP Mendadak Tidak Bisa Distarter

tampancips.net - Honda adalah salah satu pabrikan motor asal Jepang yang sudah terkenal di Indonesia. Dan di negara kami jadi salah satu pemasaran kendaraan Honda yang paling besar, dimana banyak sekali product terbaru mereka yang sporadis absen di negara kami, baik itu mobil maupun  motor. Honda Beat esp adalah salah satu motor matic yang dijual dengan harga [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.